Jalan-Jalan Asyik Mengenal Sejarah Kota Cirebon Di Keraton Kanoman

WisataCirebon.org - Keraton adalah salah satu objek wisata edukatif yang bisa dikunjungi saat berlibur.



Bagi pecinta sejarah, berkunjung ke Keraton Kanoman yang berlokasi di Cirebon adalah hal yang sangat mengasyikan. Betapa banyak informasi sejarah yang bisa Anda temukan melalui kunjungan ini.


Jika Anda belum mempunyai rencana untuk menghabiskan waktu libur Anda, maka mengunjungi Kota Cirebon dan melihat situs sejarah berupa Keraton adalah ide yang menarik. Anda bisa pergi sendiri, bersama keluarga atau mengajak teman untuk pergi berwisata mengunjungi keraton di Cirebon yang tepatnya berlokasi di Jalan Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk.


Ada apa sajakah di Keraton kanoman?

Masing-masing Keraton mempunyai keunikan dan nilai sejarah yang sama berharganya. Anda akan takjub dengan cerita sejarah dari masing-masing Keraton di setiap wilayahnya. Tentunya Keraton Kanoman juga mempunyai cerita sejarah berdiri yang perlu Anda ketahui.

Keraton Kanoman adalah salah satu keraton yang terkenal selain Keraton Kasepuhan di Kota Cirebon. Berjalan-jalan mengelilingi keraton ini akan menambah wawasan Anda mengenai sejarah berdirinya Kota Cirebon. Dilihat dari kepopulerannya, Keraton Kanoman memang tidak sepopuler Keraton Kasepuhan.

Namun hal ini tidak mengurangi nilai sejarah yang dimiliki oleh Keraton ini.
Dibangun karena adanya konflik internal antar kesultanan adalah alasan dari awal berdirinya Keraton Kanoman. Dahulu ada Kesultanan yang bernama Kasepuhan namun karena ada konflik internal yang terjadi maka kasultanan dipecah menjadi 2 yaitu Kasultanan kasepuhan dan Kasultanan Kanoman. Dengan adanya dua kasultanan tersebut maka secara otomatis ada dua keraton yang berbeda yaitu Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman.

Keraton Kanoman adalah keraton yang didirikan oleh Muhammad Baridin atau Pangeran Kertawijaya atau yang bergelar Sultan Anom I. Keraton ini sangat lekat hubungannya dengan perkembangan sejarah Islam di Indonesia khususnya di daerah Cirebon. Perannya sangat membantu perkembangan islam.

Ada museum yang menyimpan benda-benda sejarah di Keraton Kanoman. Tentunya ini sangat menarik bagi para pengunjung yang haus akan informasi sejarah terutama tentang Kota Cirebon dan perkembangannya dari zaman dahulu hingga saat ini. Salah satu benda sejarah yang ada dalam keraton adalah Kereta Perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana.

Kereta tersebut dinobatkan sebagai kereta tertua. Selain kereta ada benda-benda sejarah lain yang ada di Keraton Kanoman yaitu gamelan, tombak, keris dan aneka senjata yang lainnya. Saat mengunjungi museum ini Anda akan merasa dibawa ke masa-masa zaman dahulu.


Sbr gbr : pusakapusaka.com


Menilik ke bangunan dan gaya arsitektur sebuah keraton tentunya akan sangat menarik. Lalu bagaimanakah bentuk dari bangunan Keraton Kanoman? Arsitektur dari Keraton dibagi menjadi 4 kompleks yaitu halaman depan kompleks, halaman pertama yang terdiri dari balai panggung dan Balai Maguntur. Selanjutnya adalah halaman kedua yang berisikan Balai Paseban dan Gerbang Seblawon dan yang terakhir adalah halaman ketiga dan keempat, di mana ada beberapa tempat di dalam halaman ini yaitu tempat lonceng, Bale Semirang, Langgar kanoman atau tempat yang digunakan untuk solat, paseban Singabrata, Jinem dan Kaputren.

Banyak hal yang bisa diekplorasi ketika Anda berkunjung ke Keraton Kanoman, Kota Cirebon. Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri dengan informasi sejarah yang ada si keraton ini. Berbagai macam informasi yang beragam akan Anda dapatkan. Dengan mengunjungi situs-situs sejarah yang ada di Cirebon, informasi sejarah Anda akan semakin bertambah. Wah seru dan menarik ya.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jalan-Jalan Asyik Mengenal Sejarah Kota Cirebon Di Keraton Kanoman"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.