Yuk Wisata ke Curug Ngelay, Tempat Wisata Curug Cantik, Asyik dan Baru di Kuningan


WisataCirebon.org - Curug Ngelay mungkin terdengar asing di telinga Anda. Meskipun belum seterkenal objek wisata lain di Kuningan, tapi pesona air terjun ini tidak kalah menarik. Bagi Anda yang mengaku sang penjelajah alam, pasti tidak akan melewatkan wisata alam satu ini.


Curug Ngelay termasuk tempat wisata baru. Nama Ngelay sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang memiliki arti “ngiler”. Jika Anda mengaku orang Sunda, pasti mendengar nama tempat wisata ini akan merasa tertarik untuk segera berkunjung ke sini. Penasaran seperti apa pesona Curug Ngelay?


Pesona dan Daya Tarik Curug Ngelay

  1. Curug cantik dengan aliran air yang tidak terlalu deras
  2. Dikatakan Curug Ngelay karena berdasarkan aliran air dari curug ini yang tidak terlalu deras yang mengikuti dinding batu. Meskipun tidak beraliran deras, namun keindahan yang ditawarkan air terjun ini sangat memikat. Tidak heran jika kini banyak orang mengetahui dan berbondong-bondong ke sini. Uniknya, banyak orang yang setuju jika curug ini sangat cantik, sehingga mereka mengatakan jika curug ini sangat mirip dengan foto wallpaper yang terdapat di ponsel.
  3. Curug megah dengan airnya yang bening dan dingin
  4. Dengan ketinggian mencapai 100 meter dan lebar 50 meter, membuat Curug Ngelay terlihat sangat megah. Apalagi ditambah dengan air curugnya yang bening dan dingin mampu memberi suasana nyaman dan betah untuk berlama-lama di sini. Jadi tidak heran jika tidak hanya warga Kuningan saja yang menyukai tempat ini. Tak sedikit pengunjung dari luar daerah yang penasaran dengan pesona Curug Ngelay dan mampir ke sini.
  5. Curug unik dengan bagian bawah yang berundak-undak
  6. Selain kedua daya tarik di atas, Curug Ngelay masih memiliki keunikan lagi. Di bagian bawah curug terdapat sebuah tingkatan atau undak-undakan. Pengunjung dapat menaikinya, tapi tetap harus berhati-hati karena licin yang diakibatkan dari cipratan air.



Lokasi dan Akses Curug Ngelay

  • Curug Ngelay dapat ditemukan di Desa Bagawat, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan. Apabila Anda tertarik untuk menikmati pesona wisata alam curug ini, berikut rute yang bisa Anda ikuti;
  • Jarak tempuh dari pusat kota Kuningan menuju Curug Ngelay membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Dari daerah Cipasung, Darma, Anda akan melewati beberapa daerah, yaitu Daerah Sukarasa, Wedangtemu, Cimenga, Padahurip, Selajambe, kemudian Begawat. Curug Ngelay memang berada di kawasan Begawat. Namun dari pusat Desa Begawat, Anda masih harus menempuh perjalanan lagi kira-kira 2 Km. Sepanjang jalan tersebut, Anda tidak akan bosan karena disuguhi hamparan persawahan yang luas dan indah.


Tiket Masuk Objek Wisata Curug Ngelay

Untuk bisa menikmati panorama dan keindahan Curug Ngelay, Anda hanya perlu menebus tiket masuk sebesar Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Harga yang terbilang sangat terjangkau. Di kawasan ini Anda bisa menyaksikan megah dan indahnya sebuah curug dengan airnya yang bersih dan segar. 


Tips dan Saran Berwisata ke Curug Ngelay

Curug Ngelay termasuk curug baru yang ada di Kota Kuningan. Untuk bisa menikmati curug ini dengan sempurna sebaiknya pakailah sandal atau sepatu yang pas dan nyaman di kaki. Ini karena kondisi jalan yang berkelok dan naik turun. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sandal atau sepatu gunung. Sedangkan untuk kendaraan, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan roda 2, karena di sini Anda akan menyusui jalan kecil dan cukup sempit. Anda bisa menitipkan kendaraan di rumah warga dan selanjutnya berjalan 500 meter.

Demikianlah ulasan mengenai Curug Ngelay, salah satu curug yang bisa Anda kunjungi di kota Kuningan. Meskipun awalnya sangat sedikit orang yang mengetahui tentang keindahan dan pesona yang ditawarkan objek wisata ini. Akan tetapi semakin canggihnya teknologi, kini semakin banyak orang yang tertarik dan berdatangan ke sini. Mungkin juga termasuk Anda.

 Sbr gbr:   disanguan.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Wisata ke Curug Ngelay, Tempat Wisata Curug Cantik, Asyik dan Baru di Kuningan "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.