Taman Sari Gua Sunyaragi: Situs Bersejarah Paling Unik Milik Cirebon yang Patut Dikunjungi


WisataCirebon.org - Jika Taman Sari yang terdapat di Yogyakarta adalah berupa taman air, lain lagi dengan Taman Sari yang ada di Cirebon.


Memiliki nama lengkap Taman Sari Gua Sunyaragi, salah satu tempat wisata andalan milik Cirebon ini merupakan sebuah gua yang memiliki bentuk yang sangat unik.



            Sbr gbr: id.wikipedia.org

Selain bentuknya yang unik karena terbuat dari tatanan batu karang, obyek wisata ini dapat ditemukan di tengah kota. Padahal gua-gua pada umumnya hanya dapat ditemukan di pinggir kota atau pedalamanan.

Baca juga :   Jalan-Jalan Asyik Mengenal Sejarah Kota Cirebon Di Keraton Kanoman

Sejarah Taman Sari Gua Sunyaragi

Nama Taman Sari Gua Sunyaragi berasal dari dua suku kata utama yang berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu “Sunya” yang berarti “Sepi”, dan “Ragi” yang berarti “Raga”. Dengan gabungan dua kata tersebut berarti Taman Sari Gua Sunyaragi didirikan karena untuk digunakan sebagai tempat menyepikan raga atau untuk bertapa oleh raja dan keluarganya. Tidak hanya itu, tempat ini dulunya juga digunakan sebagai tempat para prajurit berlatih olah kanuragan.

Lalu kenapa disebut Taman Sari? Karena meskipun bangunannya mirip gua dan digunakan sebagai tempat bertapa, tempat di wilayah ini merupakan sebuah taman buatan yang dibangun di atas Danau Segara Jati. Sayangnya danau tersebut telah mengering. Meskipun demikian, kamu masih bisa menemukan jejak-jejak taman air dari beberapa spot menarik di sini, seperti balekambang, air terjun buatan, dan adanya sistem irigasi di situs bersejarah kota Cirebon ini.

Spot-Spot Menarik yang Ditawarkan Taman Sari Gua Sunyaragi

Bisa dikatakan Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan sebuah kompleks atau situs yang memiliki cakupan wilayah yang sangat luas dengan dua bagian utama. Keduanya memiliki nama dan fungsi yang berbeda-beda, yaitu;
  1. Gua Simanyang, digunakan sebagai tempat pos penjagaan.
  2. Gua Pandekemasang, digunakan sebagai tempat membuat senjata-senjata tajam.
  3. Gua Lawa adalah tempat berkumpulnya kelelawar-kelelawar.
  4. Gua Pawon, digunakan sebagai ruang dapur sekaligus tempat menyimpan makanan.
  5. Gua Langse, digunakan sebagai tempat untuk bersantai.
  6. Gua Peteng, digunakan sebagai tempat menyepi untuk melatih kekebalan tubuh.
  7. Gua Padang Ati, digunakan sebagai tempat bersemedi
  8. Gua Kelanggengan, digunakan sebagai tempat bersemedi bagi yang ingin jabatannya langgeng.
  9. Gua Arga Jumud, digunakan sebagai tempat untuk orang penting keraton.
  10. Gua Pengawal, digunakan sebagai tempat berkumpulnya semua pengawal Sultan.
  11. Bangsal Jinem, digunakan sebagai tempat Sultan memberi wejangan sekaligus tempat untuk berlatih bagi para prajurit.
Itulah kesebelas tempat di kedua bagian Taman Sari Gua Sunyaragi. Sebenarnya terdapat 12 spot, namun spot satu yang bernama Komplek Mande Kemasan, sebagian telah hancur.

Sbr gbr: saiful1892.wordpress.com

Panduan Wisata ke Taman Sari Gua Sunyaragi

Situs bersejarah unik di Cirebon ini memang banyak yang berupa bangunan gua. Oleh sebab itu, jika kamu tertarik untuk berkunjung ke sini, sebaiknya menyimak panduan wisata berikut ini;

  1. Membawa Pelindung Kepala
    Meskipun Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan sebuah taman dengan beberapa gua di dalamnya, namun sebagian situs ini merupakan tempat terbuka yang terpapar lansung dengan sinar matahari. Oleh sebab itu, demi kenyamanan, bawalah pelindung kepala seperti topi ketika berkunjung ke sini.
     
  2. Selalu Waspada
    Ada yang unik dari gua-gua yang terdapat di sini, yaitu semua gua berpintu sangat rendah. Jadi waspadalah saat Anda ingin memasuki setiap gua yang ada di tempat wisata ini, apalagi Anda yang memiliki tinggi badan diatas rata-rata wajib merunduk. Gua di kompleks ini terbuat dari batu karang yang tajam, jadi waspadalah dan jangan biarkan diri Anda terantuk bangunan goa. Selain itu, kolam-kolam di sini memiliki kedalaman lebih dari 4 meter. Bagi Anda yang berkunjung ke sini dengan si kecil, harus hati-hati dan selalu awasi buah hati, terlebih ketika berada di sekitar kolam.
     
  3. Bawa Bekal Makanan Dan Minuman
    Saat memasuki objek wisata ini, Anda akan dibawa berkeliling menjelajah situs yang memiliki luas 1.5 hektar dengan cara berjalan kaki. Jadi, persiapkan diri dengan sarapan dan jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman secukupnya untuk menjaga stamina Anda selama menyelusuri seluruh kompleks goa dan taman di sini. Yang paling penting dan tetap dipatuhi adalah buanglah sampah pada tempatnya.

Baca juga :  Situs Purbakala Cipari, Situs Bersejarah Zaman Megalitikum yang Terkenal di Kuningan

Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan situs paling bersejarah milik Cirebon. Di sini terdapat banyak tempat-tempat menarik yang patut untuk di jelajah. Karena menyimpan banyak sejarah dan filosofi, akan lebih baik jika Anda menyewa seorang pemandu wisata.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taman Sari Gua Sunyaragi: Situs Bersejarah Paling Unik Milik Cirebon yang Patut Dikunjungi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.