Objek Wisata Belawa Cirebon: Destinasi Wisata di Cirebon Unik dengan Selimut Mistis Menarik

WisataCirebon.org - Pernahkah Anda mendengar tentang Objek Wisata Belawa Cirebon? Bagi Anda pecinta hewan, mungkin nama ini tidak asing. Namun bagi kaum awam mungkin belum mengerti apa yang sebenarnya ditawarkan dari salah satu tempat wisata kebanggaan warga Cirebon ini.


Belawa adalah nama dari jenis kura-kura langka yang mendiami sebuah tempat bernama Cikuya. Jadi selain Objek Wisata Belawa, destinasi wisata ini juga kerap disebut dengan Objek Wisata Cikuya. Saat Anda berada di kota Cirebon, sempatkan diri untuk berkunjung ke sini.


Keistimewaan Objek Wisata Belawa Cirebon

  1. Kura-Kura Belawa, Spesies Asli Cirebon, Indonesia yang Langka dan Unik
    Daya tarik utama Objek Wisata Belawa Cirebon terletak pada kura-kura. Di sini merupakan tempa hidup ratusan ekor kura-kura dengan jenis langka dan terancam punah yang bernama kura-kura Belawa atau Aquatic Tortose Ortilia Norneensis. Kura-kura tersebut ditempatkan di penangkaran berupa kolam-kolam, baik kolam penangkaran alami maupun buatan. Di lokasi ini Anda dapat menemukan seekor kura-kura dengan bobot 30 kilogram yang berumur lebih dari 50 tahun!
     
  2. Letak Objek Wisata Belawa Cirebon Strategis dan Mudah Ditemukan
    Objek Wisata Belawa Cirebon terletak di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang. Lokasi tersebut sangat mudah untuk ditemukan. Dari Sumber, tempat penangkaran kura-kura ini dapat dijangkau dengan menempuh perjalanan dalam jarak 25 kilometer, sedangkan dari kota Cirebon berjarak 12 kilometer.
     
  3. Mitos dan Benda Unik Bisa Ditemukan Di Sini
    Selain kura-kura, di Objek Wisata Belawa Cirebon juga menyimpan mitos serta benda-benda unik yang bisa membuat penasaran, seperti;
    • Sumur Pamuruyan
      Sumur Pamuruyan merupakan sumur yang jernih. Saking jernihnya menurut mitos bisa untuk bercermin dan memantulkan bayangan siapapun yang ada di atasnya dengan jelas. Sejak agama Islam tersebar di sini, sumur ini menjadi salah satu tempat untuk bersuci. Mitos lain mengatakan jika siapapun yang berwudlu di sini, aur kebaikan akan lebih terlihat dari wajah dan angora badan lain.
    • Batu Altar
      Di kawasan wisata ini terdapat sebuah batu yang mirip sekali dengan altar. Secara mitos, siapapun tidak boleh menginjak baru tersebut jika tidak ingin hal buruk menimpanya.

Selain tergolong dalam spesies hewan langka, kura-kura Belawa juga dianggap mistis sekaligus unik di sini. Kenapa? Berikut informasinya!


Keunikan Kura-Kura Belawa

  1. Kura-kura belawa hidup di perairan tawar, terutama di daerah pegunungan
  2. Jika kura-kura biasanya memiliki batok yang loreng, tidak untuk kura-kura Belawa yang memiliki batok berwarna hitam pekat, polos dan berbentuk cekung.
  3. Berat badan kura-kura Belawa sekitar 20 hingga 80 Kg per ekornya dengan diameter badan 1 meter.

Kura-kura Belawa berumur sekitar 2 hingga 50 tahun. Dikatakan sebagai kura-kura langka karena memiliki sejarah, yaitu pada tahun 2010, kurang lebih sebanyak 300 ekor kura-kura Belawa mati secara perlahan karena serangan bakteri dan virus. Kura-kura yang berhasil di selamatkan hanya sekitar 13 ekor saja. Kemudian oleh dinas terkait, kura-kura tersebut dilestarikan hingga saat ini.

Selain dilestarikan di tempat penangkaran Objek Wisata Belawa Cirebon, banyak juga warga Belawa yang memelihara kura-kura tersebut. Tips saat Anda mengunjungi destinasi wisata ini adalah jangan menyentuh kura-kura karena sifat liar hewan ini dikhawatirkan akan membuat Anda tidak nyaman.

Tidak hanya wisatawan lokal saja yang mengunjungi tempat ini sebagai bagian dari rekreasi, tapi juga dari mancanegara seperti Australia, Puerto Rico, dan lainnya. Jadi, kapan Anda menyempatkan datang ke sini untuk melihat binatang lucu, langka dan unik asli Desa Belawa?

Sbr gbr: disbudparporakabcirebon.blogspot.co.id





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Objek Wisata Belawa Cirebon: Destinasi Wisata di Cirebon Unik dengan Selimut Mistis Menarik"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.