Makam Sunan Gunung Jati: Wisata Religi di Kota Wali Cirebon Dengan Arsitektur Unik

WisataCirebon.org - Kota Cirebon dikenal pula dengan sebutan kota para wali. Salah satu wali yang wafat dan dikebumikan di kota ini adalah Sunan Gunung Jati atau Syeikh Syarif Hidayatullah.

Makam Sunan Gunung Jati telah lama dikenal dan menjadi salah satu Objek Wisata Religi Cirebon atau ziarah tidak hanya dari warga sekitar tapi seluruh umat muslim di Indonesia. Jika berziarah ke Cirebon, salah satu yang menjadi tujuan utamanya adalah makam tempat Sunan Gunung Jati dikebumikan.


Keunikan dan Keistimewaan Makam Sunan Gunung Jati

Arsitektur Makam Sunan Gunung Jati terbilang sangat unik, yaitu dengan memadupadankan gaya arsitektur Arab, Jawa dan Cina. Pada desain interior dinding, makam ini terasa kental dengan arsitektur Cinanya, sedangkan untuk atap bangunan arsitektur Jawa yang mendominasi dengan berbentuk limasan. Arsitektur Arab sangat tampak pada hiasan kaligrafi yang mempercantik dinding makam.

Yang tak kalah unik yang bisa Anda temukan di makam salah satu wali Allah ini adalah adanya benda-benda antik yang telah berusia ratusan tahun seperti keramik dan porselin yang menghiasi bagian dinding makam. Barang-barang pajangan tersebut dibawa dari Cina oleh Nyi Mas Ratu Rara Sumedang sekitar abad ke 13 dan masih sangat terawatt hingga hari ini.

Makam Sunan Gunung Jati tak pernah sepi, selalu ramai oleh pengunjung yang ingin berziarah, terutama saat-saat tertentu seperti Jumat Kliwon, Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW, ritual Grebeg Syawal (hari ketujuh bulan Syawal),  ritual Grebeg Rayagung saat Hari Raya Idul Adha, dan ritual pencucian jimat pada bulan Ramadan, tepatnya setelah salat subuh pagi hari setelah peringatan Nuzulul Qur’an.


Letak dan Rute Makam Sunan Gunung Jati

Letak Makam Sunan Gunung Jati berada di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Jarak makam dari pusat kota Cirebon sekitar 6 Km. Apabila ditempuh memerlukan waktu kurang lebih 15 menit. Obyek wisata sejarah dan religi ini dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Cirebon carilah bus jurusan Cirebon-Indramayu dan turun di lokasi.

Fasilitas di Obyek Wisata Religi Makam Sunan Gunung Jati
Yang sengaja datang untuk mengunjungi makam Sunan Gunung Jati berasal dari luar kota se Indonesia. Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan, di sekitar makam terdapat beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan, seperti;
  • Penginapan
  • Masjid
  • Paseban
  • Pendopo
  • Warung makan
  • Penjual souvenir
  • Tempat parkir yang luas


Tiket masuk Kawasan Makam Sunan Gunung Jati

Tidak ada tarif khusus untuk bisa memasuki makam Sunan Gunung Jati. Meskipun demikian Anda harus berhati-hati dengan para calo yang sering kali meminta uang. Tidak sedikit yang berniat ke sini selain untuk berziarah, juga untuk bersedekah. Jadi, siapkan uang secukupnya untuk bersedekah yang disediakan sebuah kotak sumbangan di setiap pintu masuk makam. Tidak ada anjuran untuk angka nominal bersedekah. Seikhlasnya.


3 Azimat dari Makam Sunan Gunung Jati dan Maknanya

Di kawasan makam, terdapat abdi dalem yang mengelolanya. Abdi dalem ini menyediakan tiga jenis azimat bagi para wisatawan (bagi peziarah mohon diniatkan untuk berziarah/berdoa kepada Allah swt dan jangan berniat untuk melakukan kesyirikan), yaitu:
  1. Bungkusan Pagi. Apabila dicampur dengan biji padi di rumah dipercaya bisa mendatangkan berkah.
  2. Minyak wangi sebagai daya pikat dan azimat pelaris.
  3. Gumpalan tanah keramat yang sebesar biji salak, dipercaya dapat menyembuhkan penyakit perut serta sebagai tolak balak di rumah, termasuk penangkal serangan makhluk halus atau jin jahat. Untuk obat, tanah dicampur dengan air, kemudian air tersebut diminum.
Demikianlah ulasan lengkap mengenai Makam Sunan Gunung Jati yang sangat bermanfaat untuk Anda ketahui. Yang paling penting ketika akan mengunjungi makam ini adalah luruskan niat untuk berziarah dan bukan untuk hal-hal yang mendatangkan kerugian kekal (syirik). Mengenai 3 azimat yang disediakan di sana, Anda boleh mempercayainya ataupun tidak.

Sbr gbr : wikimedia.org

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makam Sunan Gunung Jati: Wisata Religi di Kota Wali Cirebon Dengan Arsitektur Unik"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.