Inilah Gedung Perundingan Linggarjati, Saksi Bisu Perjuangan Kemerdekaan Bangsa Indonesia

WisataCirebon.org - Warga Indonesia yang mengaku mencintai negaranya pasti mengenal Gedung Perundingan Linggarjati. Kecuali mereka tidak pernah membaca dan mengerti sejarah. Gedung ini merupakan salah satu bukti perjuangan Bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan atas penjajahan Belanda (11-12 November 1946).


Bangunan bersejarah ini terletak di wilayah pedesaan, tapi juga tidak terlalu jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Tidak hanya sekedar menawarkan wisata sejarah yang wajib dikunjungi, gedung ini menawarkan wisata edukasi yang menyenangkan. Bahkan bisa dikatakan jika bangunan ini merupakan salah satu landmark kota Kuningan.


Lokasi dan Rute Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati berdiri di atas tanah seluas 2.4 hektar di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Salah satu tempat paling bersejarah bagi Bangsa Indonesia ini dapat ditempuh dengan perjalanan selama 40 menit dari gerbang Tol Ciperna dengan melewati Jalan Raya Beber, kemudian Cilimus.


Tiket Masuk Gedung Perundingan Linggarjati

Tiket yang harus Anda tebus untuk masuk ke objek wisata sejarah Gedung Perundingan Linggarjati hanya Rp 3.000. Nominal tersebut tergolong sangat murah meriah, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi tempat wisata satu ini saat di kota Kuningan.


Denah, Isi, dan Daya Tarik Gedung Bersejarah Perundingan Linggarjati

Di dalam Gedung Perundingan Linggarjati terdapat beberapa bagian. Ruangan yang menjadi tempat perundingan berada di ruangan pertama. Di sana terdapat empat buah meja hijau berukuran panjang dan lengkap dengan nama-nama anggota perundingan, termasuk Sultan Syahrir yang kala itu menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia dan pimpinan dari delegasi Belanda bernama Willem Schermerhorn.

Masuk ke dalam bangunan penuh sejarah ini, Anda akan dibawa ke masa-masa berat perjuangan Bangsa Indonesia. Meskipun tidak mengalami zaman berlangsungnya perundingan tersebut, pengunjung dapat merasakan aura perjuangan dari puluhan foto yang masih terawat dengan baik. Deretan sejumlah foto tersebut masih sangat jelas memperlihatkan bagaimana aktivitas perundingan, mulai perdebatan, penandatanganan, pidato, dan coffee break tengah berlangsung. Meskipun masih hitam putih dengan figura kayu, tapi tetap masih bisa terlihat jelas semangat para pejuang Bangsa Indonesia saat itu.

Di bagian belakang gedung, terdapat ruangan tempat Presiden Soekarno berbicara empat mata dengan Lord killearn, yang merupakan seorang mediator perundingan berkewarganegaraan Inggris. Di ruangan ini juga terdapat ruang tidur sang utusan Pemerintah Inggris.

Di gedung tempat berlangsungnya perundingan Linggarjati ini, pengunjung tidak hanya disuguhi dengan berbagai foto bersejarah, tapi juga benda-benda bernilai sejarah tinggi yang masih terjamin keasliannya. Ruang makan di Gedung Perundingan Linggarjati ini termasuk ruangan yang menyimpan banyak benda asli. Berikut ini daftar benda-benda bersejarah yang dapat ditemukan di sini;
  • Meja makan
  • Kursi-kursi
  • lemari
  • Jam besar
  • Piano
  • Lemari-lemari
  • Sofa
  • Berbagai ornament dan benda lainnya


Tempat Wisata Menarik di Dekat Gedung Perundingan Linggarjati

Tidak banyak orang yang datang ke sini hanya untuk berwisata sejarah, kebanyakan dari wisatawan, terutama yang berasal dari luar daerah pasti akan melakukan kunjungan ke berbagai tempat wisata yang masih berada di sekitar Gedung Perundingan Linggarjati ini. Beruntung karena tempat wisata yang sarat dengan nuansa sejarah ini cukup dekat dengan beberapa tempat wisata menarik, seperti;
  • Wisata Alam pemancingan
  • Waterboom
  • Villa dengan pemandangan yang sangat menarik di Kuningan

Untuk bisa menikmati kebebasan seperti sekarang ini, bukan tanpa perjuangan. Bangsa Indonesia telah lama berperang baik fisik maupun pikiran untuk dapat memperoleh kedaulatan dan kemerdekaan. Setelah kini Indonesia merdeka, tidaklah bijaksana jika kita melupakan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu. Paling tidak menghargai perjuangan beliau-beliau.

Berkunjung ke tempat-tempat bersejarah memiliki manfaat besar. Salah satunya agar semangat persatuan dan kesatuan selalu ada di dada kita. Gedung Perundingan Linggarjati wajib masuk dalam daftar kunjungan wisata sejarah jika Anda berada di kota Kuningan.

Sbr gbr:  disparbud.jabarprov.go.id



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Gedung Perundingan Linggarjati, Saksi Bisu Perjuangan Kemerdekaan Bangsa Indonesia "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.