Inilah Curug Cisurian, Salah Satu Curug Terfavorit di Kuningan yang Wajib Dikunjungi


WisataCirebon.org - Di Kuningan, terutama di lembah Gunung Ciremai, dapat ditemukan berbagai tempat wisata menarik yang sayang jika dilewatkan begitu saja.


Curug Cisurian merupakan salah satu curug yang bisa dinikmati keindahaannya di kawasan wisata ini. Pada dasarnya bentuk curug hampir sama, tapi tetap memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri sehingga pengunjung bisa merasakan hawa berbeda dari setiap air terjun yang dikunjungi.


Daya Tarik Curug Cisurian

  1. Ingin Melihat Pelangi yang Sangat Indah? Datanglah ke sini!
  2. Pelangi merupakan fenomena alam yang biasanya akan terjadi setelah turunnya hujan. Tidak hanya anak-anak yang menyukai pemandangan cantik seperti ini, tapi juga orang dewasa, mungkin juga termasuk Anda. Tidak perlu pula menunggu hujan turun untuk dapat menikmati pesona elok pelangi. Datanglah pada pukul antara 06.00 hingga pukul 07.00 WIB, maka tepat di bawah Curug Cisurian ini Anda dapat melihat pelangi yang sangat indah.
  3. Keindahan Sebuah Curug yang Sayang Untuk Dilewatkan
  4. Curug Cirusian memiliki pesona keindahan yang sudah terkenal secara luas. Bukan omong kosong semata. Faktanya banyak pengunjung yang penasaran dan ingin membuktikan keindahan curug ini. Mereka rela menempuh perjalanan yang cukup panjang untuk mencapai lokasi. Tidak hanya wisatawan lokal saja, tapi juga wisatawan dari luar daerah dan luar kota yang tertarik mengunjungi tempat ini.
  5. Kesejukan Alam Sekitar yang Bikin Nyaman dan Betah
  6. Tidak hanya pesona kecantikannya saja yang membuat Curug Cisurian digemari banyak pengunjung, tapi udaranya di sekitar curug ini yang masih murni sehingga  mampu menyegarkan tubuh. Jadi sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari angin segar untuk mengembalikan semangat.  Ketika telah berada di kawasan curug ini, lelah akibat perjalanan akan terbayar lunas.
  7. Terdapat Hewan Unik  dan Hampir Punah, Monyet Surili
  8. Jika Anda beruntung, di objek wisata Curug Cisurian, Anda dapat bertemu dengan Surili (Presbytis Comata). Surili merupakan hewan asli Jawa Barat yang masih dalam spesies lutung atau kera. Sayangnya hewan ikon kota Gunung Ciremai ini hampir punah. Keunikannya dapat dilihat dari beberapa bagian tubuhnya, yaitu; 
    • Pada warna bagian punggung (dorsal). Surili dewasa akan berwarna hitam atau cokelat tua keabu-abuan.
    • Kepala sampai jambul berwarna hitam.
    • Daerah bagian bawah dagu, dada, perut, kaki, bagian dalam lengan, dan ekor berwarna putih.
    • Kulit muka dan telinga berwarna hitam pekat dengan sedikit kemerah-merahan.
    • Iris mata berwarna cokelat gelam
    • Bibir berwarna kemerahan
Sbr gbr: wanadri.or.id


Tidak menutup kemungkinan Anda dapat menjumpai hewan cantik ini, pasalnya habitatnya memang berada di kawasan Hutan Lindung Gunung Ciremai, sedangkan letak Curug Cisurian sendiri masih berada di lingkup kawasan wisata tersebut. Selain alasan ini, asal mula nama Curug Cisurian ini pun tidak lepas dari keberadaan hewan tersebut, yaitu;


Sejarah dan Asal Mula Pemberian Nama Curug Cisurian

Curug Cisurian berasal dari kata “Surili” yang memiliki makna “tempat pemukiman Surili”. Dahulunya kawasan di sekitar curug ini merupakan tempat tinggal Surili, sehingga warga menamainya dengan nama Curug Cisurian.


Lokasi Destinasi Wisata Curug Cisurian

Curug Cisurian dapat ditemukan di Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Salah satu objek wisata yang masih tergolong baru di Kuningan ini berada tidak terlalu jauh dari Bumi Perkemahan Ipukan.


Rute Menuju Curug Cirusian

Dari arah pusat kota Kuningan, langsung menuju arah Cigugur, kemudian perjalanan dilanjutkan ke arah Palutungan. Untuk sampai ke daerah ini, terdapat petunjuk berupa jalan yang menanjak dan berkelok. Setelah tiba di Pos Pendakian Gunung Ciremai yang berada sebelum Palutungan, ambil jalan ke arah kanan untuk masuk ke kawasan Bumi Perkemahan Ipukan. Tak lama kemudian perjalanan Anda akan sampai di Curug Cisurian.

Demikianlah ulasan lengkap Curug Cisurian, salah satu curug mempesona yang layak dijadikan sebagai destinasi wisata di kota Kuningan. Meskipun untuk menuju lokasi bisa membawa mobil, lebih disarankan untuk membawa kendaraan roda dua saja. Dengan membayar tarif Rp 15.000 per motor, Anda sudah bisa menikmati segala pesona Curug Cisurian.


 Sbr gbr : jalanjalancurug.blogspot.co.id



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Curug Cisurian, Salah Satu Curug Terfavorit di Kuningan yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.