Inilah Curug Bangkong, Curug Indah Yang Berselimut Mitos Unik

WisataCirebon.org - Curug Bangkong ialah air terjun dengan pemandangan indah yang terletak di Kertawiratma, Kecamatan Nusaheang, Kabupaten Kuningan. Air terjun ini memiliki keistimewaan dan daya tarik tersendiri, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke sini.


Ketika mendengar nama Curug Bangkong, apa yang ada di benak Anda? Curug atau air terjun memang sebuah nama yang biasa disematkan pada sebuah objek wisata air yang mengalir dari ketinggian tertentu. Lalu Bangkong? Bangkong ialah sejenis hewan yang biasa disebut kodok.

Mengapa curug ini disebut sebagai Curug Bangkong, tentu ada alasannya. Kira-kira kenapa yang air terjun ini memiliki nama itu?


Daya Tarik dan Keistimewaan Curug Bangkong

  1. Debit Air yang Besar
  2. Apabila Anda ke sini saat musim hujan, Anda dapat menyaksikan kemegahan dan keistimewaan Curug Bangkong. Pada saat musim penghujan seperti sekarang ini, curug yang memiliki ketinggian 23 meter dan lebar 3 meter ini akan memiliki debit air yang sangat besar. Saking besarnya, Anda dapat melihat curug ini seperti benar-benar terbelah menjadi dua bagian. 

  3. Kolam untuk Berendam dan Mandi
  4. Kolam yang berada persis di depan Curug Bangkong menjadi daya tarik dan keistimewaan tersendiri. Kolam tersebut akan menampung sementara debit air yang jatuh. Hal tersebut sering kali dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berendam, mandi, atau sekadar bermain-main air di sekitarnya.


Sejarah Asal Mula dan Mitos Nama Curug Bangkong

Destinasi wisata Curug Bangkong memiliki sejarah yang unik. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, pada zaman dahulu ada seorang pertapa yang bernama Wiria. Wiria adalah warga Ciamis yang ketika berkelana tanpa sengaja menemukan sebuah curug yang kemudian menjadi tempanya bertapa. Wiria tidak selamanya bertapa. Beliau sering turun untuk berbaur bersama masyarakat sekitar. Bahkan beliau sempat mengajari masyarakat bagaimana cara menjadi pengrajin gula merah, sehingga pada akhirnya Wiria menjadi tokoh yang disegani.

Suatu saat Wiria kembali ke pertapaan. Karena lama tak terlihat, masyarakat merasa kehilangan sosok yang dipanggilnya Abah Wiria. Atas rasa khawatir, kemudian masyarakat mencari Abah Wiria, namun tidak pernah menemukannya. Masyarakat sekitar mempercayai jika sosok yang dikagumi mereka telah berubah menjadi seekor bangkong atau kodok, karena sepeninggalnya beliau, di sekitar curug sering terdengar suara bangkong.

Sbr gbr: harjasaputra.com

Rute atau Jalur Menuju Objek Wisata Curug Bangkong

  • Dari arah kota Kuningan
  • Curug Bangkong berjarak sekitar 9 Km dari kota Kuningan. Pintu gerbang curug terletak di sebelah kanan jalan.
  • Dari arah kota Cirebon
  • Apabila dari Cirebon, maka jarak tempat wisata ini dapat ditempuh dengan melakukan perjalanan dalam jarak 44 Km.
  • Dari arah kota Ciamis
  • Sedangkan dari Ciamis kurang lebih 63 Km. Apabila perjalanan Anda dari kota Ciamis maka posisi papan petunjuk berada di sebelah kiri jalan, tepatnya setelah 3km dari objek wisata Wadukdarma. Setelah Anda menemukan papan petunjuk bertuliskan Objek Wisata Curug Bangkong, 700 meter kemudian Anda melanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan aspal sampai pada sebuah lekukan jalan dengan pemandangan hamparan sawah yang cantik.

Bagi Anda yang datang ke sini dengan kendaraan roda empat, di sinilah tempat Anda bisa parkir kendaraan, karena jalan selanjutnya sempit dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Dari spot ini Anda masih harus berjalan masih melewati hamparan sawah, kemudian lahan kering dan kebun campur. Tak lama kemudian, Anda akan sampai ke tujuan tempat wisata Curug Bangkong.

Curug Bangkong merupakan salah satu dari beberapa curug yang bisa Anda temukan di Kota Kuningan, Jawa Barat. Curug satu ini termasuk unik karena dapat membelah menjadi dua saat debit air melimpah, tepatnya saat musim penghujan. Selain itu, curug ini termasuk yang memiliki mitos. Bagi Anda yang penasaran atau menyukai untuk menjelajah alam, Curug Bangkong layak untuk dikunjungi.

Sbr gbr: harjasaputra.com



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Curug Bangkong, Curug Indah Yang Berselimut Mitos Unik"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.