Curug Nyandung, Curug Menawan yang Masih Alami dan Patut Dijelajah

WisataCirebon.org - Ketika Mendengar nama Curug Nyandung, apa yang ada dibenak Anda? Tempat asri dengan suguhan air yang jatuh dari atas ketinggian tertentu? Benar!


Namun bagi sebagian bersar masyarakat terutama suku Sunda, ketika mendengar ada curug bernama Nyandung, tentu akan penasaran, apa makna dibalik itu? Penasaran? Temukan jawaban dan pesonanya di bawah ini!






Asal Usul, Sejarah dan Mitos Curug Nyandung

Nyandung berasal dari Bahasa Sunda yang memiliki arti “poligami”. Nama yang unik sekaligus mengundang rasa penasaran untuk mengetahui lebih jauh apa arti makna dari kedua kata tersebut. Curug Nyandung merupakan sebuah air terjun yang memiliki tiga buah aliran air, yaitu di sisi bagian kanan, kiri dan kanan. Aliran bagian kiri dan kanan cukup besar, sedangkan yang berada di tengah-tengahnya lebih kecil.

Konon, keadaan curug dengan tiga aliran air tersebut mengandung mitos. Aliran air yang berada di tengah-tengah merupakan perumpamaan seorang laki-laki, sedangkan yang mengapitnya di sini kanan dan kiri adalah perempuan. Jika diartikan maka curug tersebut merupakan perumpamaan dari seorang laki-laki yang berpoligami atau yang memiliki dua perempuan (istri). Itulah kenapa curug ini disebut dengan nama Curug Nyandung.

Sebelum nama Curug Nyandung diberikan, nama curug ini dulunya bernama Curug Tilu (tiga), karena memiliki tiga aliran air. Uniknya lagi, ketiga aliran air ini berasal dari mata air yang berbeda-beda. Aliran air yang berada di tengah-tengah berasal dari Gunung Puteran, sedangkan kedua sisinya juga berasal dari dua bukit yang berbeda. Unik, ya!

Meskipun Curug Nyandung telah didaftarkan ke Dinas Pariwisata pada tahun 2016, namun objek wisata ini mulai dipromosikan sebagai destinasi wisata pada pertengahan tahun 2016, jadi masih tergolong baru. Sangat cocok bagi Anda yang senang mencari pengalaman baru berwisata alam, terutama yang masih alami, steril, dan tenang suasananya.


Tarif Masuk ke Curug Nyandung

Curug Nyandung sudah didaftarkan ke Dinas Pariwisata dan mulai dipromosikan, meskipun demikian bellum mendapat surat izin resmi dari pihak dinas, sehingga tidak ada tarif untuk masuk ke Curug Nyandung ini. Hanya saja, apabila datang ke sini dengan menggunakan kendaraan, Anda perlu memarkirkan kendaraan dan membayarnya sebesar Rp 3.000 per motor.


Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Curug Nyandung

Lokasi Curug Nyandung terletak di Dusun Ciawitali, Desa Cimenga, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan. Rute untuk mencapai lokasi wisata alam ini sangat mudah. Apabila Anda telah sampai ke gerbang Dusun Ciawitali, Anda membutuhkan waktu sekitar 5 menit lagi untuk menemukan tempat parkir kendaraan. Sementara itu dari tempat parkir ke lokasi Curug Nyandung berkisar 0.5 Km dengan jarak tempuh normal 20 menit berjalan kaki. Suguhan menawan dari pemandangan sawah dan perkebunan akan membuat perjalanan Anda akan terasa singkat dan menyenangkan.


Sbr gbr: officialusachannel.blogspot.co.id

Fasilitas di Curug Nyandung

Curug Nyandung masih sangat baru, sehingga belum terdapat fasilitas yang lengkap. Meskipun begitu, tempat wisata ini sudah memiliki tempat parkir yang cukup luas dan kamar mandi. Jika Anda merasa haus atau lapar, di daerah sekitar curug terdapat beberapa warung makanan yang bisa Anda kunjungi untuk melepas lapar dan dahaga.

Bagi Anda yang mencari ide untuk berwisata alam, terutama yang masih belum begitu ramai tapi menyuguhkan keindahan yang menawan, Curug Nyandung adalah tujuan yang tepat. Selain ketiga aliran air yang menjadi mitos, curug ini pun memiliki keindahan berupa pepohonan-pepohonan yang hijau dan indah, juga bebatuan yang berjajar yang gagah. Pesona dan keistimewaan tersebut menjadi kunci dan daya tarik tersendiri untuk curug ini. Jadi tidak heran jika di kawasan ini kerap dijadikan tempat untuk hunting foto.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Nyandung, Curug Menawan yang Masih Alami dan Patut Dijelajah"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.