Asyiknya Sensasi Mandi Bersama Ikan di Pemandian Cibulan

WisataCirebon.org - Pemandian Cibulan. Saat mendengar namanya, pikiran kita pasti mengelana pada suatu tempat untuk mandi.

Memang tidak seratus persen salah, tapi juga tidak seratus persen benar jika kemudian Anda berucap bahwa pemandian ini biasa seperti tempat pemandian lainnya.


Bila biasanya saat berenang atau mandi di kolam renang Anda hanya bisa berenang atau bermain bersama rekan atau keluarga, di objek wisata ini Anda akan merasakan sensasi asyik dan unik, karena bisa berenang bersama ikan.

Ikan yang ada di sini pun bukan sembarang ikan, tapi Ikan Dewa. Ikan Dewa adalah sejenis ikan dari spesies Kancra Bodas atau Cyprinus Carpico yang sangat dikeramatkan dan sakral. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, ikan tersebut merupakan kutukan dari para pengikut Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran yang membangkang dan tidak mengikuti perintahnya. Dengan adanya ikan-ikan inilah sensasi mandi di air tawar menjadi unik dan mengesankan.

Anda pun tidak perlu takut untuk berenang di sini, karena ikan yang memiliki warna hitam dengan ukuran panjang sekitar 60 cm hingga 1 meter ini dikenal ramah. Uniknya lagi, Ikan Dewa sangat suka jika diberi roti atau kacang. Selain berenang, Anda bisa bermain dengan ikan-ikan jinak ini. Apabila Anda datang ke sini, sempatkan untuk membawa kacang atau roti. Anda akan melihat kelucuan ikan-ikan ini saat mendekat dan mengambil makanan yang ditawarkan kepada mereka.

Bahkan bukan soal keberadaan Ikan Dewa saja yang membuat Pemandian Cibulan ini ramai dikunjungi, tapi masih ada keistimewaan-keistimewaan lainnya, yaitu;


Keistimewaan Pemandian Cibulan

  1. Air yang bersih dan jernih
    Siapa yang tidak suka mandi atau berenang di dalam air yang bersih dan jernih? Air di Pemandian Cibulan terkenal segar dan menyehatkan karena diambil langsung dari mata air. Bahkan sumber mata air Cibulan dijadikan air untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), jadi pasti telah teruji kejernihan dan kebersihannya juga bebas dari kaporit tentunya.
     
  2. Tempat Pemandian yang Berkualitas
    Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung, kolam-kolam di Pemandian Cibulan dikuras sekali dalam dua minggu. Kadang juga lebih. Tergantung dari kebersihan air saat itu. terdapat 2 kolam utama yang berbentuk persegi panjang di sini dengan rincian sebagai berikut;
    • Kolam pertama dengan kedalaman sekitar 2 meter
    • Kolam kedua hanya memiliki kedalaman sekitar 60 hingga 120 cm.
     
  3. Tujuh Sumur
  4. Tak jauh dari tempat pemandian, Anda dapat menemukan tujuh sumber mata air yang juga disakralkan oleh masyarakat sekitar. Sumber mata air tersebut diberi nama Tujuh Sumur dengan masing-masing nama yang unik, yaitu; •    Sumur cirancana
    • Sumur kemulyaan
    • Sumur kemudahan
    • Sumur keselamatan
    • Sumur kejayaan
    • Sumur cisadane
    • Sumur pengabulan

Percaya ataupun tidak, jika pengunjung melihat seekor kepiting emas di salah satu sumur tersebut, yaitu Sumur Cirancana, maka segala keinginannya akan terkabul.
Fasilitas di Pemandian Cibulan

Seperti tempat pemandian umum professional lainnya, fasilitas di Pemandian Cibulan juga lengkap dari area parkir, mushola, toilet, kamar mandi hingga tempat ganti pakaian.


Harga Tiket Masuk  dan Jam Operasional

Objek wisata Pemandian Cibulan termasuk tempat wisata yang terjangkau. Hanya dengan Rp 12.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk dewasa, Anda sekeluarga bisa bermain sepuasnya di sini. Apabila Anda berniat untuk ke sini, datang saja kapan pun, karena Pemandian Cibulan buka setiap hari dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB.

Selain dapat merasakan sensasi berenang bersama Ikan Dewa dan bermain bersamanya, Anda bisa mengajak ikan keramat tersebut untuk berfoto di Pemandian Cibulan. Dengan demikian liburan Anda akan lebih seru dan mengesankan. Jangan lupa bawa kamera anti air apabila berniat ke sini, ya!

Sbr gbr: indonesiakaya.com



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asyiknya Sensasi Mandi Bersama Ikan di Pemandian Cibulan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.