Asyiknya Berbelanja di Sentra Batik Trusmi Cirebon

WisataCirebon.org - Batik merupakan khas Indonesia yang menjadi daya tarik untuk wisatawan. Di Cirebon selain terkenal dengan kerupuk udangnya juga memiliki wisata populer yakni sentra batik Trusmi yang dapat dijadikan tempat berbelanja.


Bagi Anda yang gemar berbelanja jangan ketinggalan untuk mengunjungi lokasi ini. Dapatkan oleh-oleh khas Cirebon yang tidak pernah ada habisnya berupa batik.


Motif Batik Khas Cirebon

Setiap daerah memiliki khas corak atau motif tersendiri. Hal ini biasanya memiliki filosofi sesuai dengan penghasilan daerah tersebut. Begitu juga dengan Cirebon yang memiliki sentra batik Trusmi dengan motif batiknya bernama mega mendung. Motif mega mendung memiliki corak seperti awan dengan warnanya yang khas dan tegas. Motif ini memiliki hubungan dengan Walisongo yang akan selalu dijaga oleh leluhurnya. Percampuran budaya Tiongkok dan Islam di zaman Walisongo dilestarikan melalui motif mega mendung.

Adapun motif batik Trusmi lainnya yang terkenal yaitu motif Paksinaga Liman. Motif inilah yang lebih terkenal di kalangan batik tulis. Bahkan harganya pun cukup mahal karena diambil dari nama kereta kencana milik keraton Kasepuhan. Dilihat secara bahasa, kata paksa memiliki arti garuda, naga yang berarti ular, sedangkan liman berarti gajah. Oleh sebab itu, motif yang bersumber dari tiga hewan ini melambangkan kekuatan dari kerajaan Cirebon. Sehingga tidak heran jika harga untuk mendapatkan batik tulis motif paksinaga harus membutuhkan biaya yang mahal.


Berburu Batik Trusmi di Pusatnya Grosir

Bagi Anda yang menginginkan batik dalam jumlah banyak untuk dijual kembali atau sekedar koleksi, ada beberapa toko yang menawarkan harga khusus. Wisata sentra batik Trusmi ini dijadikan sebagai tempat favorit para wisatawan karena tersedia harga yang bervariasi. Mulai dari harga eceran sampai kelas tinggi. semua jenis dan harga batik bisa Anda dapatkan sesuai budget yang Anda miliki.

Kain batik sudah mengikuti perkembangan zaman. Di era modern seperti saat ini, Anda bisa memilih motif dan warna batik yang kekinian. Batik Trusmi memiliki aneka warna mulai dari warna kalem sampai warna cerah. Batik yang Anda beli juga tidak selamanya harus digunakan sebagai baju melainkan untuk hiasan pernak-pernik yang ada di rumah misalnya miniatur patung.

Lokasi wisata batik khas kampung Trusmi ini juga sangat strategis. Anda sangat mudah untuk menemukannya. Jika Anda keluar dari tol Cipali (Cikampek-Palimanan) di Gerbang Tol Plumbon ke arah Kota Cirebon, terdapat perempatan Plered Anda akan melihat gapura yang bertuliskan Kawasan Wisata Sentra Batik Trusmi. Letaknya berada di sebelah kiri jalan. Semenjak tol Cipali jadi, wisata batik ini menjadi primadona yang sedang eksis oleh para wisatawan. Nama trusmi diambil dari nama sebuah kampung yang berada di Cirebon. Untuk motifnya memang sengaja diambil dari kultural dan geografis kota Cirebon yang mayoritas berada di daerah pesisir. 

Ayo segera kunjungi wisata sentra batik Trusmi Cirebon yang bisa buat Anda happy berbelanja. Letaknya yang strategis nampaknya tidak akan membuat pengunjung merasa kesulitan untuk menemukannya apalagi sampai tersesat. Ketika Anda memasuki gapura kampong trusmi dan melihat banyaknya deretan toko-toko batik, sebaiknya jangan cukup puas berhenti di situ.

Jelajahi wilayah kampung trusmi lebih dalam karena masih panjang pusat batik yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Konsep toko yang menyerupai rumah diharapkan Anda saat berkunjung juga memperhatikan kebersihan alas kaki. Sebaiknya lepas alas kaki pada bagian depan toko. Bagi Anda yang membawa mobil atau kendaraan pribadi tidak perlu merasa repot untuk parkir. Area yang disediakan cukup luas dan nyaman.



Sbr gbr: ebatiktrusmi.blogspot.co.id


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asyiknya Berbelanja di Sentra Batik Trusmi Cirebon"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.